Mengatur Tanggal dan Jam Pada Sistem Operasi Windows


Perhatikan pada kanan bawah layar monitor anda apabila anda menggunakan windows xp, di sana terdapat beberapa informasi, salah satunya adalah informasi tentang waktu saat ini. Kadangkala waktu yang tertera pada windows berbeda dengan waktu yang ada pada jam tangan atau jam kantor tempat kerja kita, untuk itu perlu diadakannya penyesuaian agar bisa sesuai dengan jam tangan kita, atau disesuaikan dengan waktu kerja kita.

Nah untuk mengubah waktu dan tanggal pada system operasi windows dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:

Melalui Control Panel

Masuk pada control panel, kemudian klik dua kali (double click) pada Date and Time, kemudian atur waktunya dengan cara klik pada tanda panah atas dan bawah di sebelah kanan tulisan waktu dan atur tanggal sesuai dengan tanggal saat itu. Lihat gambar date time berikut. Kemudian klik OK

date-time

Melalui Command Prompt

  • Jalankan CMD dari menu run atau bisa klik start-all programs-accessories kemudian pilih command prompt.
  • Pada command prompt ketik perintah DATE untuk mengubah tanggal system dan ketik perintah TIME untuk mengubah waktu dari system.

time-dos

date-dos

  • Kedua perintah tersebut dapat diketik dengan huruf kecil semua, karena penulisan perintah pada command prompt adalah tidak berpengaruh.
  • Bila sudah selai mengatur tanggal dan waktu, maka akhiri dengan menutup jendela command prompt.

Selamat mencoba

Sumber: Belajar Ilmu Komputer
.

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates